Sunday, December 2, 2012

Mengikuti Apel Pagi di Kantor Setiap Hari adalah segalanya...



Bagi PNS-Dalam hal ini PNS kab.Batang Hari-, jam 7.15 adalah suatu kewajiban. Kewajiban untuk ikut Kegiatan rutin, yakni Apel Pagi. Terkadang Apel Pagi ini dapat disetarakan maknanya dengan Briefing pada Perusahaan-perusahaan Bonafide, jika Pembina Apel memberikan motivasi dan informasi dalam Amanatnya. Dan tak jarang pula, Apel Pagi hanya sekedar simbolis saja, yang penting kelihatan pelaksanaan Apelnya setiap pagi. Karena kebanyakan Pembina Apel yang notabene adalah para pejabat eselon 3 ke atas, kerap kali membubarkan Apel tanpa amanat sepatah dua kata pun. Jadi selain pelajaran baris berbaris, Apel Pagi pun berlangsung tanpa makna yang dapat dipetik. Selain Apel Pagi, di sore hari pastinya ada Apel Sore yang karakternya hampir-hampir sama saja dengan Apel Pagi. Berlalu tanpa amanat, informasi, atau pun motivasi. Berarti lagi-lagi hanya sekedar simbol belaka.

Ngomong-ngomong soal Apel pagi, boleh dibilang aku bukan penggemarnya. Dalam 5 hari kerja, maksimal hanya 2 atau 3 kali aku mengikuti Apel Pagi. Semuanya ada alasannya, meski dalam aturan kedisiplinan jika tidak ikut Apel Pagi, alasan apa pun tidak diterima kecuali sakit atau kena musibah. Namun tak jarang pula beberapa pegawai mengikuti Apel pagi hanya untuk mengisi Daftar hadir. Soal daftar hadir, itu juga tergantung sekretaris pada Badan/Dinas/kantor yang bersangkutan. Ada yang tidak memperbolehkan isi daftar hadir jika terlambat/tidak ikut Apel Pagi, dan ada yang berbaik hati mengizinkan. Kembali ke alasan kenapa aku lebih sering tidak ikut Apel, hm, sebetulnya lebih sering karena kerjaan yang aku bawa pulang ke rumah, sudah begadang pun belum selesei juga dikerjakan, alhasil, aku baru ke kantor sekitar jam 8 (Telat sekitar 45 menit).

Pagi ini aku dapat kesimpulan baru setelah perenungan singkat mengenai Apel pagi. Pagi ini aku tidak ikut Apel pagi (tapi kudengar dari bagian Umum, yang ikut Apel hanya sekitar 10 orang dari 47 karyawan). Walaupun tidak ikut Apel, aku datang lebih awal (sekitar jam 7 lewat). Nah, ternyata datang pagi lebih enjoy, walaupun semalam pekerjaan yang kubawa pulang belum selesei, tetap saja datang pagi lebih enjoy. Atasan justru tidak menanyakan tentang pekerjaan yang belum kuseleseikan. Alhasil, saat ini aku tengah di depan notebook ku, melanjutkan perjuangan tadi malam. Menyelesaikan Analisis Strategi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Batang Hari.

No comments:

Post a Comment